Senin, 30 April 2012

ISTILAH SEBUTAN NAMA (ULAMA)


ISTILAH  SEBUTAN NAMA (ULAMA)
(dalam madhab hanbali)

1.      Al Qohiy
 Ulama hambali sejak masa Al Qhodhiy Abi Yu’la sampai pertengahan 108 menggunakan lafadz Al Qodhiy ini dengan mengartikan bahwa Al Qodhiy adalah syaikh pada zamannya yakni Muhammad Bin Al Husain Al Farroi yang dijuluki Abi Yu’la Al Kabiir. Dan seperti inilah pabila dikatakan Abu Yu’laa.
Dan jika dikatakan Abuu Yu’laa Ashoghir maka maksudnya adalah anaknya Muhammad pemilik thobaqot.
Adapun ulama mutaakhir seperti pemilik kitab Al-Iqna’ dan Al Muntahiy serta ulama ulama setelahnya mereka memberikan artian dari lafadz Al Qodhiy ini dengan Al Qodhiy ‘Alauddin ‘Aliy Bin Sulaiman Al Mardawiy Tsumma Asholihiy.
2.      Abu Bakar
Jika disebutkan kata Abu Bakar maka maksudnya adalah Ahmad Bin Muhammad Bin Al Hijaj Al Marwadzi yang wafat pada tahun 275 h
3.      Asyaikh
Ulama mutaakhirin mengartikan bahwa yg dimaksud Asyaikh adalah Maufiquddin Abu Muhammad ‘Abdillah Bin Qudamah Al Maqdisiy wafat tahun 275
Albuhutiy berkata di dalam kitab syarh Al Iqna’ ulama mutaakhirin seperti pengarang kitab Al Furu’, Al Faaiq, Alikhtiyaroot dan selainnya memberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan Sayikh adalah Syaikh Al ‘Alamaah Mauqifuddin Abnu Qudamah Rohimahulloh.
Dan Ibnu Badroon berkata, “ulama mutaakhirin banyak menjelaskan bahwa maksud syaikh disini adalah Ibnu Taimiyah, dan diantara yag mengatakannya Adalah Ibnu Qundus di dalam Hawasyiy (Al Furu’)[1]
4.      Lafadz Syaikhuna
Ibnu ‘Uqail dan Abu Khottob mengartikan lafadz ini dengan Al Qodhiy Abu Yu’laa. Akan tetapi Ibnu Qoyyim dan Ibnu Muflih (pengarang kitab Al Furu’) mengartikan bahwa maksudnya adalah Syaikh Islam Ibnu Taimiyyah
5.      Lafadz Syaikhuna
Ulama mutaakhirin mengartikan bahwa maksud dari kedua syiikh itu adalah :
a.       Maufiquddin Ibnu Qudamah Rohimahulloh
b.      Madjuddin ‘Abdussalam Ibnu Taimiyyah Wafat Tahun 652 H
6.      Asyarih Ataupun Shohibusyarih
Ulama mutaakhirin mengartikan bahwa maksudnya adalah Syaikh Syamsyuddin Ibnu ‘Abdirrohman Bin Syaikh Abii ‘Umar Al Maqdisi wafat tahun 682 H, dan ia adalah keponakan juga murid dari Al Maufiq,
7.      Al Hajjah
Yakni muhammad Bin Abii Al Mukarrom Al Fadhl Abu ‘Abdillah ia mendapat julukan Bihaauddin namun terkenal dengan Al Hajjah, wafat tahun 617 H.
8.      Annadzim
Ia adalah Muhammad Bin Abdillah Al Qowiy Bin Badroon Al Maqdisiy ia punya kitab Mandzumatul Adab, ada yang besar juga ada yang kecil, wafat tahun 699 H,
9.      Al Qodhiy Asyahid
Ia adalah Muhammad Bin Muhammad Bin Alhusain Bin Muhammad Al Farroi salah satu dari tiga anak Al Qodhiy Abi Yu’la dan ia memiliki tingkatan seperti Hambali dan ia juga ketua pembahasan masail (masalah masalah) dll. Beliau meninggal dibunuh di rumahnya sendiri yang mana ketika itu ia tidur sendirian kemudian datang pencuri masuk kerumahnya dan mengambil harta benda miliknya kemudian ia pun dibunuh ditangan pencuri tersebut pada tahun 562 H.
10.  Qodhiy Al Aqoolim
Ia adalah ‘Abdul ‘Aziz Bin ‘Aliy  Al Bakriy dan dikenal dengan Ibnul’izzi Al Maqdisi, dan ia dinamai dengan sebutan Al Qodhiy Al Aqoolim. Wafat tahun 846 H.
11.  Syaikhul Madzhab Atau Syaikh Al Hanabilah Fie Al Mishro
Ia adalah manshur Bin Yunus Bin Sholahuddin Abusa’adaat Al Bauhutiy pengarang Kitabkasyaful Qina’ dan selainnya dari kitab kitab penting, wafat tahun 1051 H.
12.  Al Khiroqiy
Ia adalah ‘Umar Bin Al Husain Bin ‘Abdillah Al Khiroqiy dinisbatkan kepada bai’ al khorq pemilik kitab Almukhtshor yang terkenal. wafat tahun 334 H.
13.  Al junnah
Ia adalah Muhammad Bin ‘Abdul Qodir Bin ‘Utsman Annabasiliu yang terkenal dengan sebutan Al Junnah salah seorang murid dari Ibnu Qoyyim dan ia memiliki kitab kitab yang bagus. Wafat tahun 629 H.
14.  Ibnu Nuqthoh
Yakni Muhammad Bin ‘Abdul Ghoniy Bin Abi Bakar Bin Syuja’ Al Baghdadiy yang dikenal dengna sebutan Ibnu Nuqthoh. wafat tahun 629 H
15.  Ibnu Sunainah
Yakni Muhammad Bin Abdillah Assamiriy yang unggul dalam bidang fiqh dan ilmu waris. Wafat tahun 616 H.
16.  Annajm
Yakni Muhammad Bin Hamdan Bin Syubaib Al Harooniy, wafat tahun 695 H.
17.  Al qothb
Yakni Muhammad Bin Mas’ud Asyirooziy Qothbuddin. Wafat tahun 710 h.
18.  Taqiyyudiin
Ulama mengartikan bahwa ia adalah Ahmad Bin ‘Abdul Haliim Bin Taimyyah. Ia mendapat julukan sebagai Syaikhul Islam, Asy Syaikh, Syaikhuna, Ibnu Taimmiyah, dan Abii ‘Abbas Ibnu Taimiyyah. Wafat tahun 728 H
19.  Al Fakhr
Yakni Isma’il Bin ‘Aliy Bin Husain di sebut dengan Ibnu Wafaai, dan Ibnu Masyithoh Al Baghdadi Abu Muhammad Fakhruddin. Wafat tahun 610 H.
20.  Al Banaa Atau Ibnu Al Banaa
Yakni Abuu ‘Aliy Al Husain Bin Ahmad Bin ‘Abdil ‘Aziz Al Baghdadi. Wafat tahun 471 H.
21.  Shohibul Wajiz
Yakni Al Hasan Bin Yusuf Bin Muhammad Addujailiy Al Baghdadiy pengarang kitab Al Wajiz di dalam pembahasan fiqh, wafat tahun 732 h.
22.  Shohibul Balaghoh Fiel Fiqih
Yakni Alhusain Bin Al Mubarook Bin Muhammad Al Baghdadiy, wafat tahun 631 H.
23.  Ghulamul Khilal
Yakni ‘Abdul ‘Aziz Bin Ja’far Bin Ahmad, ia punya tafsir, syafi’i, dan tanbih fiel fiqh. Wafat tahun 363 H.
24.  Al Khilal
Yakni Ahmad Bin Muhammad Bin Haruun Abu Bakaar pemilik kitab Al-Jami’, Al ‘Alal, Assunnah, dll. ia juga mengumpulkan riwayat dari Imam Ahmad dalam kitabnya Al Jami’. Dan ia mengkalkulasi semua fiqih hambali kemudian menukilnya.
Ia senantiasa terus menjaga seluruh Ilmu Ahmad Bin Hanbal. bahkan ia bersafar untuk kepentingan tersebut, dan ia menulisnya dengan ‘aiyatan dan naazilatan “meninggikan dan menurunkan”. Adapun makna dari ‘aliyatan wa nazilatan adalah bahwasanya ia meriwayatkan dari sebagian shohabat ahmad, dan sebagian dari yang selainnya. Ia meninggal pada tahun 311 H.
25.  Ibnu Ahmad
Yakni Al Hasan Bin Haamid Bin ‘Aliy Al Baghdadiy ustadznya  Al Qhodhiy Abii Yu’laa. Ia memiliki kitab Al Jaami’ Fiel Madzhab, dan syarh Al Khiroqiy. Wafat tahun 403 H.
26.  Al Atsromt Riwaya
Yakni Ahmad Bin Muhammad Bin Haanai Ath Thoiy salah satu dari orang orang yang menukil riwayat Imam Ahmad, wafat setelah tahun 206.

Tambahan
Apa yang telah saya (pengarang kitab) sebutkan tadi adalah sebagian dari sebutan sebutan para ulama di dalam madzhab Hambali, dan masih terdapat banyak lagi nama nama yang disebutkan oleh pemilik kitab Thobaqhot Hanabilah, dan Ibnu Badroon di dalam kitabnya Al Madkhol.

TANDA HURUF YANG TERMASUK KEDALAM IMAMNYA MADZHAB HAMBALI
No
Tanda
Maksudnya
1
م.خ
Muhammad Bin Ahmad (W. 1088 H)
2
ع
‘Abdurrohman Bin Yusuf Al Buhuutiy (W. 1089 H)
3
غ
Ghinam Bin Muhammad Annajdiy Addamasyqiy (W. 1240 H)
4
م . ر
Mur’iy Bin Yusuf Bin Abi Bakar (W. 1033 H)
5
المص
ringkasan dari kalimat (Al Mushonaf), maksudnya adalah Muhammad Bin Ahmad Al Futuuhiy Asyahiriy Bi Ibninnajari pemilik kitab Muntaha Irodaat (W. 980 H)
6
م . ص
Manshur Al Buhuutiy (W. 1051 H)
7
م . س
Muhammad Bin Ahmad As-Safariniy (W. 1188 H)
8
ع . ب
‘Abdul Wahhab Bin Muhammad At-Tamimi (W. 1205 H)



[1] Lihat kitab Al Madkhol hal 410
RAIH PAHALA, Sebarkan Artikel Ini !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...